Dosen FEB UHAMKA Inisiasi Budidaya Tanaman Hidroponik

Keterbatasan lahan kini bukan alasan untuk tidak melakukan penghijauan di lingkungan sekitar. Budidaya tanaman hidroponik kini dapat menjadi solusinya.  Hidroponik merupakan sistem pertanian perkotaan yang menjajikan. Penanam tanaman melalui metode hidroponik jika dilakukan dengan serius dapat memberikan dampak lingkungan dan ekonomi.

Berdasarkan analisis situasi di daerah perumahan Pamulang Hill 3 tahap 2 sendiri merupakan area pemukiman yang cukup jauh dari daerah pertanian. Kondisi lahan tanah yang sempit menjadikan kurangnya lahan subur untuk tanaman hijau. Keterbatasan lahan pertanian tersebut akan memicu berkurangnya pasokan suplai sayuran. Di lain pihak, pemenuhan kebutuhan sayuran diperlukan untuk pemenuhan kebutuhan gizi bagi masyarakat terutama anak-anak dan ibu menyusui. Oleh karena keadaan tersebut hal yang harus dilakukan untuk menagatasinya adalah melalui pemberdayaan.

Hal-hal tersebutlah yang mendorong dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UHAMKA melakukan rangkaian kegiatan “Kewirausahaan Sosial Melalui Budidaya Tanaman Hydroponic” yang di perumahan Pamulang Hill 3 Tahap 2 Rawakalong Gunung Sindur Bogor, pada Ahad, 8 Maret 2020 lalu  Kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman tentang peningkatan taraf perekonomian masyarakat melalui pengabdian mengenai Pembudidayaan tanaman hidroponik. Memberikan pengetahuan tentang pemanfaatan tanaman hidroponik tanpa menggunakan media tanah dengan harapan  hasil dari tanaman ini bisa dikonsumsi sendiri atau dijual untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

Selain itu menilik dari gambaran profesi masyarakat di daerah setempat terutama para kaum ibu-ibu diketahui bahwa sebagian besar dari mereka berprofesi sebagai ibu rumah tangga, sehingga mereka mempunyai waktu yang cukup banyak untuk melakukan kegiatan yang mampu menambah atau memberi penghasilan. Hal inilah yang mendorong FEB UHAMKA menyelenggarakan kegiatan tersebut yang juga bertujuan untuk memberdayakan ibu rumah tangga dengan memberi pelatihan bercocok tanam atau berkebun dengan sistem hidroponik.

Kegiatan tersebut diisi dengan pemberian edukasi berupa pemaparan materi serta diskusi interaktif kepada masyarakat berupa pengenalan tentang tanaman hidroponik yang disampaikan oleh dosen FEB UHAMKA, Nuryadi Wijiharjono, yang sekaligus juga merupakan Dekan FEB UHAMKA. Selanjutnya disampaikan motivasi berkenaan dengan interpreneurship perspektif Islam oleh Tohirin. Selesai pemaparan materi kemudian dilakukan tanya jawab interaktif.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 40 orang yang kesemuanya merupakan warga dari perumahan  Pamulang Hill 3 Tahap 2, Rawakalong, Gunung Sindur, Bogor. Harapan dari terselenggaranya kegiatan ini ialah agar masyarakat perumahan Pamulang Hill dapat memahami tentang adanya potensi peningkatan taraf perekonomian masyarakat melalui pembudidayaan tanaman hidroponik, serta teredukasinya masyarakat mengenai pemanfaatan tanaman hidroponik tanpa menggunakan media tanah dengan harapan  hasil dari tanaman ini bisa dikonsumsi sendiri atau dijual untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.[]

About Mr Tohirin

Avatar

Check Also

Mengenal Makhluk Gaib (Ruhaniyyat)

Pengantar Makhluk ciptaan Allah, selain ada yang kasat mata (hadhir) ada juga yang tidak kasat …

Tinggalkan Balasan